Rabu, 26 Januari 2011

Profesionalisme dan kejujuran

ANTARA KEJUJURAN DAN PROFESIONALISME
(prtret buram sertifikasi guru dalam jabatan melalui porto folio)
Oleh Dedi Supriadi
Rendahnya tingkat sumber daya manusia Indonesia yang dibuktikan dengan data studi UNDP tahun 2000 yang menyatakan bahwa Human Development Indeks Indonesia menempati posisi ke 109 dari 174 Negara dan data tahun 2001 menempati urutan 102 dari 162 Negara, belum lagi dengan kemajuan Iptek saat ini, kususnya dalam bidang informasi dan komunikasi seolah dunia ini semakin sempit karena dengan mudahnya kita dapat menjangkau serta melihat dunia dalam wktu singkat. Inilah globalisasi yang didalamnya membawa berbagai permasalahan yang kompleks bagi kehidupan manusia, permasalahan nyata dari adanya globalisasi adalah terjadinya perpacuan manusia yang mengglobal, sehingga untuk menghadapi tantangan dan persaingan di era globalisasi diperlukan SDM yang kreatif, mandiri, inovatif, dan demokratis.(Drs. Akhmad sudrajat2008).
Lalu muncul pertanyaan sederhana bagaimana dengan SDM kita, jika faktanya seperti data diatas????? Pendidikan memiliki peran dan fungsi untuk menghasilkan anak bangsa yang mampu menempatkan diri ditengah arus perubahan yang penuh tekanan serta tantangan. Sehubungan hal tersebut, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, salah satunya adalah melalui peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan merupakan penerapan kebijakan pemerintah yang sangat penting dalam rangka meningkatkan dan pemerataan mutu pendidikan di seluruh wilayah Indonesia.
Dengan pemberlakuan SNP (standar nasional pendidikan) maka pemerintah pusat, pemerintah daerah dan satuan pendidikan diharapkan mampu menyiapkan serta menyelenggarakan proses pendidikan. Pemerintah sekarang ini sangat memperhatikan peran dan kedudukan guru, Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ditambah dengan PP Nomor 19 tahun 2005 menyatakan bahwa Guru adalah Pendidik Profesional, sehingga dalam Peraturan Mentri Pendidikan Nasional no. 16 tahun 2007 yang mengatur tentang kualifikasi dan standar kompetensi guru, bahkan menurut Moh. Surya (2004:92) kompeternsi adalah keseluruhan pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang diperlukan oleh seseorang kaitanya dengan suatu tugas tertentu, kompetensi guru ialah pengetahuan sikap dan ketrampilan yang harus ada pada seseorang agar dapat menunjukan prilakunya sebagai guru.
Oleh karena itu profesionalisme guru ditentukan oleh empat kompetensi yaitu Pedagogis, sosial, kepribadian, dan professional, maka mau tidak mau atau suka tidak suka pemenuhan persyaratan penguasaan kompetensi sebagai agen pembelajaran tersebut harus dibuktikan dengan sertifikat pendidik yang diperoleh melalui sertifikasi, dipertegas lagi dengan Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 18 tahun 2007 tentang Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan.. Hal serupa mengenai sertifikasi ini telah diberlakukan oleh beberapa Negara seperti Amerika serikat,inggris dan Australia, sementara Denmark baru mulai merintis sejak tahun 2003, namun ada beberapa Negara yang tidak melakukan sertifikasi guru,tetapi melakukan kendali mutu dengan cara mengontrol ketat terhadap proses pendidikan dan dilembaga penghasil guru contoh korea selatan serta singapura, tetapi semua itu tetap saja dalam rangka meningkatkan mutu guru (Depdiknas buku 4 pedoman sertifikasi,2008).
Uji kompetensi guru dalam jabatan dilakukan melalui dua cara yaitu dengan penilaian porto polio serta melalui jalur pendidikan. Namun dalam perjalananya sertifikasi melalui penilaian porto folio jauh dari harapan???....mengapa demikian,karena seperti kita ketahui bersama bahwa porto folio itu merupakan bukti fisik (dokumen) yang menggambarkan pengalaman berkarya/prestasi yng pernah dicapai selama menjalankan tugas profesi sebagai guru dalam intertval waktu tertentu sebagai agen pembelajaran, ironinya ketika guru-guru menyusun dokumen porto fiolio tersebut banyak yang tidak siap karena tidak memiliki sertifikat up-grading, sertifikat pelatihan atau sertifikat seminar dan lain-lainya yang diperlukan dalam penyusunan porto folio, sehingga sudah menjadi rahasia umum, apabila banyak guru-guru yang merekayasa sertifikat ASPAL atau membeli melalui “makelar” sertifikat seminar, diklat tentang pendidikan atau dokumen dalam pengalaman berorganisasi baik dalam bidang pendidikan maupun social, hal ini diperparah lagi oleh kepala sekolah yang tidak selektif dengan memberikan restu berupa tanda tangan pada setiap penyusunan porto folio seorang guru. “salah siapa, ini dosa siapa tak mampu bertanya semua ini sudalah terjadi….” Mungkin hanya syair lagu yang dipopulerkan oleh Tomy j pissa ini, yang mewakili kebingungan dan ketidak-jujuran, sehingga memunculkan banyak pertanyaan baru yang memvonis kekeliruan itu, seperti bagaimana bisa dikatakan profesional bila tidak jujur? dan bahkan melanggar kode etik, atau pertanyaan sebaliknya kejujuran itu tidak perlu dalam ranah profesionalisme?
Padahal menurut Supardi (2007) “bahwa sertifikasi merupakan kegiatan pengembangan profesi guru melalui kegiatan pengamalan atau penerapan ketrampilan guru untuk peningkatan mutu belajar mengajar, atau menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dunia pendidikan secara umum.” dengan mengacu pada pernyataan tersebut pengembangan profesi guru melalui sertifikasi merupakan usaha meningkatkan profesionalisme guru atau peningkatan kompetensi guru sebagai pendidik professional, dengan begitu kita selaku guru sekaligus merupakan pemikir dan pendidik jangan tejebak pada persoalan lulus berarti tidak diklat atau tidak lulus kemudian harus mengikuti diklat (PLPG) bila itu terjadi maka akan kita berpikir secara pragmatis bahkan menghalalkan segala cara.
Rasanya tak perlu malu bila kita harus mengikuti Diklat (PLPG) karena tdak lulus dalam penyusunan porto folio, sebab yang lulus apakah lebih baik kwalitasnya, begitupun sebaliknya apakah yang mengikuti PLPG(pendidikan dan latihan profesi guru) kwalitasnya lebih baik jawabanya kembali diri masing-masing, kita harus berpikir cerdas mengambil hikmah dari setiap kejadian karena dalam hikmah ada pengalaman yang menuntun kita kearah yang lebih baik minimalnya mampu menjaga martabat sebagai guru dengan berbuat jujur agar selalu digugu dan ditiru oleh anak didiknya.
Apbila mengetahui lebih mendalam subtansi porto folio/sertifikasi bukan seputar lulus atau tidak lulus tetapi yaitu meningkatnya mutu pendidikan sehingga menghasilkan SDM yang mumpuni sesuai dengan tujuan UUSPN Nomor 20 tahun 2003, PP Nomor 19 tahun 2005, Permendiknas nomor 16 dan 18 tahun 2007 karena digarap oleh guru-guru yang professional. Sertifikasi guru bertujuan bukan hanya meningkatkan proses dan hasil pembelajaran (mutu pendidikan) tetapi salah satunya meningkatkan kesejahteraan guru.
Berbagai bentuk ganjalan yaitu berkaitan dengan kesejahteraan guru hanya dapat dilakukan melalui komitmen pemerintah baik pusat maupun daerah, untuk menempatkan guru sebagai tenaga professional yang berhak mendapatkan reward dan balas jasa berupa imbalan yang layak,tidak mendengar lagi ada diskriminatif dalam pemberian tunjangan sehingga tidak ada lagi kesenjangan yang lebar, baik antara guru dengan guru, guru dengan dosen atau dengan profesi lainya.
Hentikan segala bentuk pemerasan terhadap guru karena dengan alasan apapun tidak dapat dibenarkan, pejabat yang mempunyai mental korup segera ditindak jangan diberi kesempatan karena saat ini guru mampu menunjukan sikap kritis, berani untuk mengatakan “Qulil haq walaw kanaa murran” serta mampu mengambil sikap untuk yang terbaik bagi dirinya dan orang lain.
Akhirnya beriringan dengan upaya pemberdayaan guru baik dari profesionalisme dan kesejahteraannya maka harapan untuk terwujudnya sumber daya manusia yang mampu dalam berkarya tidak hanya dituntut untuk berkiprah dan berkompetisi sebatas tingkat local serta nasional semata namun harus lebih jauh yaitu dapat menjangkau sampai pada tingkat kompetisi global.

55 komentar:

  1. pak susah sekali mencari blog bapal....from fitri

    BalasHapus
  2. pak trims...ya..nasehatnya...from me khusnul alumni mtsn1

    BalasHapus
  3. ada apa dengan setipikasi???? by H.jupri

    BalasHapus
  4. Karena ASEAN berdiri melalui deklarasi bangkok di prakarsakan oleh 5 negara ASIA.

    Dari Murid Bpk ; SITI YENI 9C

    BalasHapus
  5. Karena ASEAN berdiri melalui deklarasi bangkok di prakarsakan oleh 5 negara asia.
    dari; NURAENI 9C

    BalasHapus
  6. Berawal dari kesadaran bangsa2 ASIA tenggara akan penting nya kerja sama regional dalam rangka menjalin solidaritas dan memperkuat stabilitas ekionomi di kawasan asia tenggara.
    by; MARYANTI 9C

    BalasHapus
  7. berdirinya ASEAN krna banyak munculnya negara2 dikawasan asia yang mempunyai masalah yg sama dan tujuannya sama yaitu suatu kemerdekaan agar negara mereka merdeka dan tidak lagi di jajah olh negara lain.
    BY;NUROHAYATI 9C

    BalasHapus
  8. Asalamualaikum pak dedy ne dari JAETUN klas 9D,
    JAETUN menjawb :
    tujuan ASEAN yaitu
    1.mempercepatpertumbuhan ekonomi kemajuan sosial serta pengembangan kebudayaan
    2. meningkatkan perdamaian dan stabilitas ragional
    3. meningkatkan studi -studi tentang asia tenggara

    BalasHapus
  9. Karna negara2 asia tenggara termasuk negara yang sedang berkembang dlam taraf pembangunan diberbagai bidang,oleh krna itu 5 negara tersebut mendirikan sebuah organisasi yaitu ASEAN.
    BY;SITI UMDATUL KH 9C

    BalasHapus
  10. assalamualaikum pak ini DEDE DINI klas 9D
    DEDE menjawab:
    tujuan ASEAN yaitu
    1.saling memberikan bantuan dalam bentuk sarana latihan dan penelitian dalam bidang pendidikan dan administrasi
    2.memelihara kerjasama yang erat dan berguna bagi organisasi internasional dan regional
    3.meningkatkan kerja sama yang aktif serta saling membantu satu sama lain

    BalasHapus
  11. Alasan nya untuk memmmbangun negara2 asia tenggara masih membutuhakan bantuan luar negeri sehingga negara2 diasia tenggara bergabung menjadi satu yaitu ASEAN.

    BY;SRI MULYANAH 9C

    BalasHapus
  12. MIKUM PAK PUNY sri mulyana dah masuk lom.

    BalasHapus
  13. karena ASIA tenggara menjalin kebersamaan dalam membangun bidang ekonomi di kawasan asia tenggara dan juga agar negara tidak lagi di jajah
    BY:HABIBAH 9C

    BalasHapus
  14. Alasannya untuk menyatukan negara2 anggota melalui usaha bersama dalam memajukan kerjasama ekonomi dan kesejahteraan masyarakat bangsa2 ASIA TENGGARA.



    BY;
    HANDAYANI PURNAMASARI 9C

    BalasHapus
  15. maksud dan tujuan didirikan asean adalah untuk menyatukan negara2 anggota melalui usaha bersma dalam memajukan kerjasama ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat bangsa2 asia TENGGARa untuk memajukan perekonomian,pengembangan ,sosial dan budaya melalui program bersama.....



    BY; NURLAELA 9D
    DAN RIZKY AMALIA 9C

    BalasHapus
  16. miqumz,pak,,,,
    nie siti eri muslihatin kelas 9b
    jawaban:kerja sama asean yaitu dalam bentuk;
    1.bidang sosial diantara nya;
    -pencegahan narkoba dan penanggulangannya.
    2.bidang budaya diantara nya;
    -pemberantasan duta huruf

    BalasHapus
  17. miqumz,,,,
    linda maretha kelas 9b
    jawaban;kerja sama asean diantara nya;
    1.bidang sosial;
    -penanggulan bencana alam
    2.bidang budaya;
    -menukar pelajaran dan mahasiswa

    BalasHapus
  18. assalamu'alaikum,pak nie siska dri klas 9d.jawabannya adalah meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional,meningkatkan kerja sama yang aktiv serta saling membantu satu sama lain,dalam masalah ekonomi,sosial budaya dan teknik.meningkatkan studi-studi tentang asia tenggara.sekian sja ma,af pak kalaw ada kata2 yg kurang berkenan.

    BalasHapus
  19. assalamualaikum wr wb
    nama: sulaeman
    kls:9b

    tujuan ASEAN adalah mempersatukan negara 1 ke negara yang lain untuk meningkat kan kerjasama yang baik agar masyarakat kita tetap damai dan sejah tera sehingga negara kita bisa keluar dari masalah yang kita tidak bisa mengatasinya.

    BalasHapus
  20. asalamualaikum wr wb
    ne asamari
    kls:9b
    jawaban dari tujuan ASEAN adalah untuk menjalin hubungan dengan negara yang ada di asia tenggara dan untuk memper erat tali persaudaraan dengan negara lain...

    BalasHapus
  21. kerja sama asean di antaranya; 1.bidang sosial - penanggulan bencana alam 2.bidang budaya - menukar pelajaran dan maha siswa by;maftukah.khobiah 9c

    BalasHapus
  22. ass,,,,
    tujuan asean adalah untuk menyatukan negara negara asean menigkatkan kerja sama yang aktiv serta saling membantu satu sama lain.

    BY; HENDRA LOPH AVRIL

    BalasHapus
  23. ass
    1:tujuan asean adalah mempercepat pertumbuhan ekonomi,kemajuan sosial serta pengembangan kebudayaan di kawasan asia tenggara.
    2:meningkatkan perdamayan dan stabilitas regional.
    3:meningkatkan studi" tentang asia tenggara.
    4:saling memberi bantuan dalam bentuk sarana.
    5;memberi kerja sama yang erat dan berguna bagi organisasi" internasional dan regional yang ada dan bertujuan serupa.
    BY;YANTI HERMAYANI 9D

    BalasHapus
  24. ass
    tujuan asean adalah
    1;meningkatkan studi" tentang asia tenggara.
    2;memelihara kerjasama yang erat dan berguna bagi organisasi" internasional dan regional yang ada dan bertujuan serupa.
    3;meningkatkan kerja sama yang aktiv serta saling membantu satu sama lain dalam masalah ekonomi sosial budaya dan teknik
    BY;DEDE KH 9D

    BalasHapus
  25. ass . .

    pak jawaban dari di bentuk nya asean adalah?
    1.mempercepat pertumbuhanekonomi,kemajuan sosial,serta mengembangkan kebudayaan dikawasan asean

    by adam amirrullah 9c

    BalasHapus
  26. Tujuan ASEAN; memper cepat pertumbuhan ekonomi kemajuan sosial serta pengembangan kebudayaan , meningkatkan studi-studi tentang Asia tenggara . BY;SRI NURITA KLS 9D.

    BalasHapus
  27. Tujuan di adakannya konferensi Asia-afrika di bandung adlh untuk melontarkan semangat bandung , yg berintikan perdamaian kemerdekaan ,kerjasama internasional untuk kepentingan bersama BY;SRI NURITA CLASS;9DHE.

    BalasHapus
  28. ass . .

    pak berdasarkan soal yang bapak kasih nie jawaban nya :
    tujuan di bentuk .ya asean yaitu
    1. meningkatkan perdamayan dan stabilitas regional



    by . ahmad fauzi 9b

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum,,,,,,
    Nama;yuni serlina
    kelaz;IxB

    Tujuan ASEAN adalah
    Memajukan studi-studi tentang Asia tengara
    memajukan kerja sama yg lebih dengan organisasiorganisasi regional dan internasional


    wasalam,,

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum ,,,,
    Nama;RENI A. 9B

    KERJA ASEAN ;
    Dalam Bidang Sosial;
    -pencegahan narkoba dan penanggulangannya
    Dalam Bidang Budaya
    - pemberantasan buta huruf

    BalasHapus
  31. assalamualaikum,,,
    Nama;Siti komala 9B

    KERJA SAMA ASEAN;
    Dalam bidang sosial;
    - perlindungan terhadap anak cacat
    Dalam bidang budaya;
    - program tukar menukar acara televisi ASEAN

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum,,,
    Nama; Siti sahdiah 9B

    KERJA SAMA ASEAN;
    Dalam bidand sosial;
    - Pemerataan kesejahteraan masyarakat
    Dalam bidang budaya;
    - temu karya pemuda ASEAN

    BalasHapus
  33. Assalamualaikum,,,
    Nama; RENI A. 9B

    KERJA SAMA ASEAN;
    Dalam bidang sosial;
    - Pencegahan narkoba dan penanggulangannya
    Dalam bidang budaya;
    - Pemberantasan buta huruf

    BalasHapus
  34. assalamu a'laikum wr.wb...???
    Nama:nuroslaeni
    kls:IxB

    kerja sama ASEAN yaitu?
    kerja sama di bidang politik..
    1.kerja sama menanggulani narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya.
    kerja sama di bidang sosial..
    2.meningkatkan kerja sama dalam bidang pariwisata.



    wasalam.......

    BalasHapus
  35. Asslmualaikum wr.wb

    KRJA SMA ASEAN:
    - Mngkatkan prdmaian n stabilitas regional dlam rangka mnjlankan n mmperkuat solideritas
    - pncegahan narkoba n buta huruf


    by: Githa hany f IX B

    BalasHapus
  36. ASSALAMUALAIKUM WR.WB

    NAME : Siti aisah
    class: IX B


    KERJA SAMA ASEAN DI BIDANG POLITIK:
    - ASEAN spakat untuk mnyelesaikan sgla permasalahan melalui meja perundingan
    - ASEAN sepakat untuk mnjadikan kwasan asia tenggara sbgai kwasan bebas senjata nuklir.


    wsslam wr.wb

    BalasHapus
  37. Assalamuaikum WR.WB.
    Nama;Kholisoh
    KLS;IXB
    kerjasama di bidang ekonomi
    1.kerjasamadi sekor industri yg di lakukan melalui kerjasama industri ASEAN(ASEAN Industri cooperation atau ALCO).
    2.kerjasama di sektor komoditi dan smber daya alam.
    3.kerjasama dlm bdng pembangunan.

    BalasHapus
  38. Assalamualikum wr.wb.
    Nama;Nurcahyati
    kls;IxB
    KERJASAMA DI BIDANG SOSIAL;
    1.Mencegahan naroba dan penaggulannya,
    2.penaggulanan bencana alam,
    3.perlindungan terhadap anak cacat,
    4.pemerataan kesejahtraan sosial ,masyarakat.

    BalasHapus
  39. Dalam Konferensi KAA, Indonesia memberikan usulan perlunya KAA.
    LABO,pemenang 1 sayembara penataan : musium KAA Bandung....
    Tujuan dari prancangan kompeleks kawasan ini adalah tersusunnya konsep perencanaan musium KAA.

    Nama : Rizky amalia 9c

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum.. .
    nama;yeyen yuliani
    kelas;9a
    tujuan ASEAN yaitu ;
    1.mempercepat pertumcuhan ekonomi,kemajuan sosial serta pengembangan kebudayaan di kawasan asia tenggara.
    2.meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional.
    3.meningkatkan studi-studi tentang asia tenggara.

    BalasHapus
  41. assalamualaikum..
    nama;relita.
    kelas;9a
    tujuan ASEAN yaitu;
    1.meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional
    2.mempercepat pertumbuhan ekonomi,kemajuan sosialserta pengembangan kebudayaan di kawasan asi tenggara.
    3.meningkatkan studi-studi tentang asia tenggara.

    BalasHapus
  42. asalamualaikum ...
    nama;kholis riyadoh
    kelas;9a
    tujuan ASEAN yaitu;
    1.meningkatkan studi-studi tentang asia tenggara.
    2.meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional.
    3.mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial serta pengembangan kebudayaan di kawasan asia tenggara.

    BalasHapus
  43. Asalamualaikum ,,,,,,
    ne Yeyen Yuliani 9A
    Kerja sama Asia-Afrika ;
    1. Kerja sama di bidang ekonomi . antara lain mengusahakan kemajian ekonomi.
    2. Kerja sama di bidang kebudayaan . antara lain memajukan kerja sama kebudayaan sebagai jalan terpenting untuk mendapatkan pengertian antara bangsa.
    3. Kerja sama di bidang sosial . antara lain penanggulangan bencana alam.

    BalasHapus
  44. Asalamualaikum ,,,,
    ni Yeyen yuliani 9A
    Kerja sama Asia-Afrika ;
    1. Kerja sama di bidang ekonomi . antara lain mengusahakan kemajuan ekonomi.
    2. Kerja sama di bidang kebudayaan . antara lain memajukan kerja sama kebudayaan sebagai jalan terpanting untuk ,mendapatkan pengertian antara bangsa.
    3. Kerja sama di bidang sosial . antara lain penanggulangan bencana alam.

    BalasHapus
  45. aSSalamualaikum ,,,
    ni kholis riyadoh 9a
    kerja sama ASIA AFRIKA ;
    1.Di bidang ekonomi
    - mengusahakan kwmajuan ekonomi.
    2.kerja sama di bidang sosial.
    -penanggulangan bencama alam.
    3.kerja sama dibidang kebudayaan.
    -memajikan kerja sama kabudayaan sebagi jalan terpenting untuk mendapatkan pengartuan antara bangsa.

    BalasHapus
  46. asalamialaukum ,,,,
    ni Relita 9A
    Kerja sama asia-afrika ;
    1. di bidang ekonomi
    -mengusahakan kemajuan ekonomi.
    2.kerja sama di bidang sosial
    -penanggulangan bencana alam.
    3.kerja sama di bidang kebudayaan
    -memajukan kerja sama kebudayaan sebagai jalan terpenting untuk mendapatkan pengertian antara bangsa.

    BalasHapus
  47. deklarasi bangkok adalah untuk :
    1. mempercepat pertambahan ekonomi
    2. ASIA tenggara yang sejahtera dan damai
    3. meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional
    4. meningkat kerja sama yang aktif
    5. memberikan bantuan dalam bentuk sarana - sarana
    pelatihan dan sebagai nya

    BalasHapus
  48. deklarasi bangkok adalah untuk :
    1. mempercepat prtumbuhan ekonomi
    2. ASIA tenggara yang sejahtera dan damai
    3. meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional
    4. meningkat kerja sama yang aktif
    5. memberikan bantuan dalam bentuk sarana - sarana
    pelatihan dan sebagai nya
    BY : KHALIMAH 1X A

    BalasHapus
  49. Karena ASEAN berdiri melalui deklarasi bangkok di prakarsakan oleh 5 negara ASIA

    BalasHapus
  50. karena ASEAN berdiri melalui deklarasi bangkok di prakarsakan oleh 5 negara ASIA
    BY :ANISA WULANIATI 1X C

    BalasHapus
  51. as.......
    pk ne dari iis ismawati 9a

    jawaban dari iis adalah:
    tujuan asaean adalah untuk menyatukan negara_negara asean,meningkatkan kerjasama yang aktif serta saling membantu satu sama lain.

    KERJASAMA ASEAN
    bidang sosial
    penegakan larangan memekai narkoba dan peanggulangannya
    bidang budaya
    pemberantasan buta huruf

    BalasHapus
  52. assalam'mualikum,,,,,,,
    karena jepang ingin menguasai indonesia juga,,,,,
    bersaing dengan belanda..........

    by:evi noviyani dan novi yani
    kelas:VIIIB

    BalasHapus
  53. deklarasi bangkok adalah 1.mempercepat pertumbuhan ekonomi 2.asia tenggara yang sejatera dan damai 3.meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional 4.meningkatkan kerja sama yang aktiv 5.memberi bantuan dalam bentuk sarana pelatihan dan sebagaian by;lelah kelas;9c

    BalasHapus
  54. pak tulisanya lumayan tapi kenapa yg komentar banyak siswa dan siswi, sorry are you teacher...??? from me mantan kekasihmu di SMA.......

    BalasHapus